NURHANAYSA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Tentang Konsep Bullying Pada Siswa Di SD Inpres BTN Ikip II Kota Makassar.
Text
Nurhanaysa_Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Tentang Konsep Bullying Pada Siswa Di SD Inpres BTN Ikip II Kota Makassar.pdf Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok tentang konsep bullying pada siswa di SD INPRES BTN IKIP II kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Alessie and Trolip yang terdiri dari 3 tahap, yaitu perencanaan (planning), desain (design), pengembangan (development). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Angket dihitung menggunakan skala likert. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa video yang dikembangkan menggunakan aplikasi Tiktok. Produk ini merupakan media pembelajaran berbasis aplikasi tiktok yang dapat memberikan pemahaman tentang konsep bullying kepada siswa. Kedua, hasil penelitian kelayakan media secara keseluruhan sesuai kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu pada validasi ahli media diperoleh skor sebesar 80% dan pada ahli materi diperoleh skor sebesar 76% sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid/layak. Selain itu, kelayakan media juga dilihat dari respon siswa melalui angket yang diberikan. Hasil respon siswa memperoleh skor sebesar 94% sehingga termasuk dalam kategori sangat valid/layak. Maka dari itu, media pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok tentang bullying ini sangat layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bullying, Tiktok
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33627 |
Actions (login required)
View Item |