Nurul Asma (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.
Text
Artikel_Nurul Asma_Universitas Negeri Makassar.pdf Download (853kB) |
Abstract
Nurul Asma, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Andi Makkasau dan Erma Suryani Sahabuddin. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa karena tidak adanya variasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran buku pop up pada pembelajaran IPA kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba; (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba; (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelaajaran buku pop up terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan tahap pretest, treatment, posttest. Varibel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup media pembelajaran buku pop up dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA siswa. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran masuk ke dalam kategori sangat efektif (2) Hasil belajar IPA siswa yang buku pop up diperoleh pada posttest kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sangat tinggi, posttest pada kelas kontrol masuk ke dalam kategori sedang (3) Terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Hal ini disebabkan karena nilai signifikan 0,01 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,636 > 2,024)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33296 |
Actions (login required)
View Item |