A.Nur Tenri Balele Isnur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap sikap demokratis peserta didik Kelas IV di SD.
Text
JURNAL A.Nur Tenri Balele Isnur 1647040001.pdf Download (546kB) |
Abstract
A.Nur Tenri Balele Isnur, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap sikap demokratis peserta didik Kelas IV di SD. Hasil dibimbing oleh Prof. Dr. Patta Bundu,M.Ed dan Hj. Nurhaedah S.Pd., M.Hum. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi eskperimen design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap sikap demokratis peserta didik kelas IV SDN No. 111 Samataring kecamatan Kelara kabupaten Jenponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI), sedangkan variabel terikatnya adalah sikap demokratis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No. 111 Samataring kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya terdiri dari 24 orang peserta didik pada kelas IV A dan IV B. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket berupa pre angket dan post angket. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh P = 0,000 lebih kecil dari = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh secara segnifikan terhadap sikap demokratis peserta didik kelas kelas IV SDN No. 111 kecamatan Kelara kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33274 |
Actions (login required)
View Item |