PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 PAREPARE

ASTIATI, ANDI (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL ANDI ASTIATI - 2 kolom.doc

Download (141kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen melaui model pembelajaran kuantum pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2Parepare. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 2Parepare dengan jumlah peserta didik 26 orang pada tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi dan tes kemampuan mengapresiasi cerpen untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan sebagai tolok ukur kemampuan mengapresiasi cerpen peserta didik berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Yaitu, 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses penerapan model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran mengapresiasi cerpen mengalami peningkatan baik pada aktivitas guru maupun aktivitas peserta didik. Peningkatan aktivitas guru ditandai dengan bertambahnya jumlah penerapan pada kategori sangat baik, kategori baik, dan berkurangnya jumlah penerapan pada kategori cukup dan kurang. Keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 76%, dan meningkat pada siklus II menjadi 83% . (2) Hasil belajar peserta didik yang nilai kriteria ketuntasan minimum siklus I sebanyak 5 (25% ) dengan nilai rata-rata 68,02, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan 17 (85%) peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Mengapresiasi Cerpen melalui Model Pembelajaran Kuantum mengalami peningkatan, baik pada proses penerapan maupun hasil pembelajaran. Kata-kata kunci : kemampuan mengapresiasi cerpen, pembelajaran model kuantum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:18
Last Modified: 13 Oct 2017 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item