PENGARUH PELAKSANAAN BERMAIN LIFE SKILL TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK KUNTUM HARAPAN KOTA SORONG

PRASETYAWATI, DENIK (2016) PENGARUH PELAKSANAAN BERMAIN LIFE SKILL TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK KUNTUM HARAPAN KOTA SORONG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bermain life skill terhadap kemandirian anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni metode eksperimen, seluruh anggota populasi merupakan anggota sampel yang berjumlah 10 anak pada usia kelompok A di TK Kuntum Harapan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi , sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara bermain life skill dengan kemandirian anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemandirian anak meningkat karena anak yang mendapat nilai antara 9 - 12 setelah bermain life skill sebanyak 70% dalam kategori tinggi dan hasil uji-t menunjukkan 〖t 〗_hit lebih besar dari t-table sebesar 11,96 > 1.833 untuk ketiga permainan. Artinya ada peningkatan yang signifikan. Kata kunci : life skill, kemandirian anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 05:51
Last Modified: 13 Oct 2017 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item