Pengaruh Kompetensi Pengawas Sekolah dan Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Maros

ARMAN, ARMAN (2016) Pengaruh Kompetensi Pengawas Sekolah dan Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Maros. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL INTERNASIONAL ARMAN.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pengawas sekolah dan kompetensi kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Maros. Pentingnya manajemen pelayanan pendidikan menuntut adanya pelibatan seluruh elemen pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru dalam keseluruhan proses dan penyelenggaraan pendidikan dalam rangka mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengungkapkan pengaruh antara variabel eksogen dengan endogen dan pengujian hipotesis. Penelitian ini memfokuskan pada pengungkapan pengaruh antar variabel dan pengaruhnya terhadap variable lain seperti kompetensi pengawas sekolah, kompetensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di Kabupaten Maros yang berjumlah 45 sekolah dengan jumlah guru 734 yang tersebar di 14 kecamatan, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepala sekolah dapat dipredikasi melalui lima indikator, yakni dimensi pembelajaran dan pencapaian, kepemimpinan pengajaran, pengelolaan lingkungan pembelajaran, tanggung jawab pembelajaran dan penilaian dan kepribadian sosial. Dimensi kepemimpinan pembelajaran memiliki konstribusi yang sangat besar terhadap kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah. Secara umum kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru berada pada kategori sedang. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus dalam meningkatkan kepribadian sosial serta penelitian dan pengembangan pada pengawas sekolah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dengan kinerja guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pengawas sekolah dengan motivasi kerja guru dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pengawas sekolah dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:31
Last Modified: 10 Oct 2017 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item