Studi Tentang Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Makassar.

Husnia, Arfan (2015) Studi Tentang Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Husnia Arfan.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Husnia Arfan. 2015 Studi Tentang Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Univesitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh gambaran tentang upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalisme guru PKn di SMA Negeri 11 Makassar, (2) mengetahui Faktor-faktor yang mendukung peningkatan profesionalisme guru pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Makassar, (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru PKn dalam peningkatan profesionalismenya di SMA Negeri 11 Makassar.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PKn SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 4 orang. Dalam penelitian ini tidak dilakukan penarikan sampel karena populasinya terjangkau dengan menggunakan teknik sampel populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru PKn SMA Negeri 11 Makassar yakni peningkatan profesionalisme melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (MGMP PKn), melalui sertifikasi guru dalam jabatan dan PLPG serta peningkatan profesionalisme guru melalui penguasaan ICT. (2) Faktor pendukung dalam peningkatan profesionalisme guru PKn terdiri dari dua faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yakni adanya kesadaran diri guru yang tinggi menuju kualitas profesionalisme dan minat guru dalam mengembangkan kompetensinya sedangkan faktor eksternal adanya fasilitas sarana dan prasarana seperti wifi dan komputer, kualifikasi akademik serta lamanya masa kerja guru PKn. (3) kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah jadwal pelaksana Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (MGMP PKn) bertepatan dengan jadwal mengajar guru PKn dan penyediaan sarana LCD yang belum memadai. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: ?? sch_hum ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:50
Last Modified: 26 Apr 2016 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item