THE INFLUENCE OF APPLICATION OF PROBLEM SOLVING METHOD ON ACHIEVEMENT IN MATHEMATICS OF GRADE V STUDENTSAT SD INPRES 5/81 BAJOE IN EAST TANETE RIATTANG SUBDSISTRICT OF BONE DISTRICT

Amir, Dian Ekawati (2017) THE INFLUENCE OF APPLICATION OF PROBLEM SOLVING METHOD ON ACHIEVEMENT IN MATHEMATICS OF GRADE V STUDENTSAT SD INPRES 5/81 BAJOE IN EAST TANETE RIATTANG SUBDSISTRICT OF BONE DISTRICT. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika masih tergolongr endah, hal ini disebabkan karena penerapan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung monoton. Oleh karenaitu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai : (i) Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe. (ii) Prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe pada mata pelajaran Matematika. Dan (iii) Pengaruh penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengandengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian yaitu metode pembelajaran pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang dipilih dengan menggunakan teknik matching group yang selanjutnya dengan teknik simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan metode dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes prestasi belajar dengan teknik pengumpulan data yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe yang terdiri dari tahap memaham imasalah, tahap merencanakan pemecahannya, tahap menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan tahap memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian, pada umumnya terlaksana dengan baik. (2) Prestasi belajar Matematika kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe sebelum penerapan metode pemecahan masalah berada pada kategori kurang dan cukup pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen. Setelah diberi perlakuan yaitu penerapan metode pemecahan masalah pada kelompok eksperimen telah mencapai kategori sangat baik dan metode pembelajaran langsung pada kelompok kontrol berada pada kategori kurang dan cukup, maka terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada kedua kelompok, sekalipun demikian nilai rata-rata kelompok ekperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol dan (3) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 06:46
Last Modified: 06 Oct 2017 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item