Palerangi, Andi Muadz and Baharuddin, Fiskia Rera and Amiruddin, Amiruddin (2015) Kontribusi Pelaksanaan Prakerin Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Prakerin Siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 38 (2). pp. 167-176. ISSN E-ISSN 2477-0442
Text (Artikel - Kontribusi Pelaksanaan Prakerin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Prakerin Siswa SMK)
Artikel KOntribusi Prakerin.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text (Peer Review - Kontribusi Pelaksanaan Prakerin dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Prakerin Siswa SMK)
scan review_Jurnal Ilmiah_Kontribusi Pelaksanaan Prakerin siswa SMK.pdf - Supplemental Material Download (956kB) |
|
Text (Turnitin - Kontribusi Pelaksanaan Prakerin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Prakerin Siswa SMK)
3. Kontribusi Pelaksanaan Prakerin DOAJ.pdf.pdf - Supplemental Material Download (278kB) |
Abstract
Penelitian untuk mengungkapkan konstribusi; (1) pelaksanaan prakerin (X1) dan (2) motivasi belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar prakerin (Y); secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan rancangan koresional. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Makassar, Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan dengan jumlah responden 48 siswa. Teknik pengumpulan data variabel X1 dan X2 menggunakan angket dan Variabel Y menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 19. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) pelaksanaan prakerin berkontribusi terhadap hasil belajar prakerin sebesar 11,40%, (2) motivasi belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar prakerin sebesar 13,30%, dan (3) pelaksanaan prakerin dan motivasi belajar siswa secara simultan berkonstribusi terhadap hasil belajar prakerin sebesar 19,80%. Kata-kata Kunci: praktek kerja industri, motivasi belajar, hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Amiruddin Amiruddin |
Date Deposited: | 07 May 2023 07:30 |
Last Modified: | 07 May 2023 07:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28070 |
Actions (login required)
View Item |