Pengembangan Model Project Based-learning (MPBL): Suatu Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Rais, Muhammad and Lamada, Mustari S. Pengembangan Model Project Based-learning (MPBL): Suatu Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Project Report. Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rais Mustari Lamada Artikel Ilmiah tahun 2 PBL.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan tahun kedua yang bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas model project-based learning untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa jurusan teknik mesin UNM. Penelitian ini menggunakan model pengembangan sistem instruksional dari Dick & Carey yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pra pengembangan, pengembangan dan pasca pengembangan. Pada tahun pertama telah diperoleh gambaran deskriptif tentang prestasi belajar mahasiswa jurusan teknik mesin dilihat dari aspek motivasi belajar, kemandirian belajar, belajar kolaboratif, dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Selain itu, pada tahun pertama juga telah diperoleh produk project-based learning berupa: bahan ajar perancangan mesin, panduan pelaksanaan project based learning, lembar kerja mahasiswa (LKM), serta scenario pembelajaran project based learning yang akan digunakan dalam penelitian. Kegiatan penelitian pada tahun kedua merupakan kegiatan pasca pengembangan, dimana peneliti melakukan uji kelompok kecil terhadap dosen yang akan dilibatkan dalam dalam penelitian eksperimen project based learning. Tujuannya adalah agar dosen memahami langkah tahapan-tahapan dalam PBL. Kegiatan tahap akhir adalah uji kelompok besar, dimana peneliti menguji efektivitas penerapan PBL dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapan akademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester V jurusan Teknik Mesin. Penelitian ini menggunakan rancangan pra eksperimen dan menggunakan analisis data dengan t -test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Project-Based Learning (PM-PBL) yang dikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran model PBL, dan format lembar kerja mahasiswa telah memenuhi kriteria keberterimaan, yang meliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan, (2) terdapat perbedaan skor rata–rata pre test dan post test untuk pengetahuan perancangan mesin. Skor mean pre test yaitu sebesar 62,3 dan mean skor post testnya adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai skor ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: DIPA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, NO: 0151/023-04.2/XXXIII/2010 SESUAI SURAT KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR NOMOR: 907/H36/PL/2010 TANGGAL 06 APRIL 2010
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Prestasi Akademik
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Hartoto Hartoto
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:52
Last Modified: 23 Aug 2017 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item