MUSDALIFAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PADU AL-IKHLAS.
Text
Musdalifah.pdf Download (792kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran sinektik melalui bahan alam terhadap kreativitas anak di Tk Padu Al-Ikhlas, untuk mengetahui gambaran kreativitas anak sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran sinektik dengan menggunakan media bahan alam di Tk Padu Al-Ikhlas dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran sinektik melalui media bahan alam terhadap kreativitas anak di Tk Padu AlIkhlas,Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Tk Padu Al-Ikhlas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) = 0,026< 0,05 H1diterima dan H0 ditolak artinya kreativitas pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, ini membuktikan Metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan menempel berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas anak. Kata Kunci: kreativitas, model sinektik, menempel
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 06:16 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 06:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27184 |
Actions (login required)
View Item |