Made Suardani. (2023) MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR ANAK DI TK NUSA PERSADA.
Text
ARTIKEL MADE SUARDANI.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang media lingkungan sekitar dalam pengembangan minat belajar anak di TK nusa persada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan media lingkungan sekitar dalam pengembangan minat belajar anak di TK nusa persada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelompok B, anak, dan kepala sekolah TK nusa persada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di TK nusa persada menggunakan media yang ada lingkungan sekitar seperti dari lingkungan alam dan lingkungan buatan dapat mengembangkan minat belajar anak dengan aspek expressed interest (minat yang diekspresikan melalui verbal yang menunjukkan apakah seorang anak menyukai atau tidak menyukai suatu objek atau aktivitas), manifest interest (minat yang diungkapkan melalui tindakan atau perbuatan yaitu keikutsertaan anak dalam suatu kegiatan dan anak berperan aktif dalam kegiatan), tested interest (minat yang diungkapkan anak dari kesimpulan tes pengetahuan atau keterampilan anak dalam suatu kegiatan), dan inventoried interest (minat yang diukur dengan menjawab pertanyaan yang diberikan). Kata Kunci: Media Lingkungan Sekitar, Minat Belajar, Anak Usia Dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 05:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 05:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27112 |
Actions (login required)
View Item |