FRANSISKA PENNI S. (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANDIKA SONGGO, KELURAHAN RANTE ALANG, KECAMATAN SANGALLA SELATAN, KABUPATEN TANA TORAJA.
Text
skripsi fransiska penni s.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fransiska Penni S. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Dr. Kartini Marzuki, M.Si. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak. Rumusan masalah bagaimana gambaran kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja sebelum diberikan kegiatan bermain peran, Bagaimana gambaran kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja setelah diberikan kegiatan bermain peran, apakah ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Tujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo sebelum diberikan kegiatan bermain peran, gambaran kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo setelah diberikan kegiatan bermain peran, Pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada anak di kelompok B TK Andika Songgo Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas menjadi metode bermain peran makro dan kemampuan berbicara sebagai variabel terikat. Definisi operasional variabel bermain peran makro dan kemampuan berbicara anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling jenuh dan sampel penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji statistik non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh kegiatan bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Andika Songgo, Kelurahan Rante Alang, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Kesimpulan gambaran perkembangan kemampuan berbicara pada anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Andika Songgo sebelum diberi perlakuan metode bermain peran menunjukkan bahwa kategori kemampuan berbicara anak masih rendah, gambaran kemampuan berbicara pada anak di kelompok B Taman Kanak Andika Songgo setelah diberi perlakuan metode bermain peran menunjukkan kategori kemampuan meningkat, ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Andika Songgo
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 06:50 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 06:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26856 |
Actions (login required)
View Item |