Hermayani Lodang (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA’ PADA KELOMPOK B 4TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH IIPERUMNAS KOTA MAKASSAR.
Text
1 Sampul.pdf Download (150kB) |
|
Text
2 Judul.pdf Download (151kB) |
|
Text
3 Persetujuan Pembimbing.pdf Download (119kB) |
|
Text
4 Pengesahan Ujian Skripsi.pdf Download (127kB) |
|
Text
6 Motto.pdf Download (106kB) |
|
Text
5 Pernyataan Asli.pdf Download (154kB) |
|
Text
7 Abstak.pdf Download (154kB) |
|
Text
8 Prakata.pdf Download (208kB) |
|
Text
9 Daftar Isi.pdf Download (164kB) |
|
Text
11 Daft. Gambar.pdf Download (144kB) |
|
Text
12 Daft. Tabel.pdf Download (151kB) |
|
Text
10 Lamp..pdf Download (150kB) |
|
Text
13 Bab I.pdf Download (221kB) |
|
Text
14 Bab II.pdf Download (578kB) |
|
Text
15 Bab III.pdf Download (346kB) |
|
Text
18 Pustaka.pdf Download (220kB) |
|
Text
25a Observ. Guru Lamp. 5.pdf Download (79kB) |
|
Text
26a Observ. Anak Lamp. 6.pdf Download (110kB) |
|
Text
28 Riwayat Hidup.pdf Download (90kB) |
Abstract
Hermayani Lodang. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Al�Qur’an Melalui Metode Iqra’ Pada Kelompok B 4 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Azizah Amal, SS. M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah “bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan al-Qur’an melalui metode Iqra’ Pada Kelompok B 4 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar?”. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan al-Qur’an melalui metode Iqra’ Pada Kelompok B 4 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelompok B 4 yang berjumlah 21 orang dan 1 guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi/pengamatan terhadap kegiatan guru mengajar dan kegiatan anak belajar yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan kegiatan, yakni: perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Untuk kelengkapan data, peneliti melakukan pula wawancara terhadap Pimpinan Aisyiyah Cabang Karunrung yang dipandang mengetahui seluk-beluk keberadaan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas, Kepala Sekolah, dan Guru Kelompok B 4 serta berdiskusi dengan guru-guru lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan Al�Qur’an Anak pada Kelompok B 4 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar melalui metode Iqra’. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah secara acak yang hampir semua peserta didik Berkembang Sesuai Harapan setelah Pertemuan II siklus II. Begitu pula dalam hal melafadzkan secara jelas perbedaan huruf yang mirip. Dan dalam hal, membaca huruf secara bersambung menjadi kata juga telah Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan penelitian bahwa kemampuan membaca permulaan Al-Qur’an anak dapat meningkat berkat usaha pendidik menggunakan metode yang praktis, variatif, dan menarik dalam pembelajaran yakni metode Iqra’
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 06:08 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 06:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26851 |
Actions (login required)
View Item |