ASWAN AHMAD (2022) PENDEKATAN PEMBELAJARAN ASINKRONUS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 5 BULUKUMBA.
Text
JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fokus dan tujuan penelitian adalah, gambaran pelaksanaan Asinkronus di pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 5 Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan metode penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bulukumba kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sumber data yaitu Guru, Kepala sekolah, dan siswa kelas XI MIPA dan IPS 2. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis terdiri dari reduksi, penyajian, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan Asinkronus menggunakan media WhatsApp dan Google Clasroom, proses pembelajaran guru mengidentifikasi metode, teknik dan media yang digunakan. Guru mengirim materi file pdf atau materi yang telah di foto melalui media online, serta melakukan pendampingan siswa secara berkelompok yang dilakukan setelah atau sesudah pembelajaran. Tahap evaluasi guru menilai afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Persepsi kepala sekolah, guru dan siswa mengatakan pendekatan Asinkronus memberikan ilmu mengenai teknologi kepada siswa dan menjadikan siswa mandiri dalam proses pembelajaran, faktor penghambat yaitu jaringan kurang stabil dan faktor pendukung yaitu sekolah mengadakan pelatihan untuk guru. Kata Kunci: Asinkronus; Bahasa Indonesia; Bulukumba
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 01:33 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26257 |
Actions (login required)
View Item |