DAMIRA (2022) PENERAPAN METODE CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS LEBA-LEBA KECAMATAN TAMMERODO SENDANA KABUPATEN MAJENE.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (78kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (266kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (2MB) |
|
Text
riwayat hidup skripsi .docx Download (392kB) |
Abstract
DAMIRA, 2013. Penerapan Metode Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Leba-Leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene, Skripsi ini Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd, M.Pd, dan Dra. Istiyani Idrus, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok A di Taman Kanak- Kanak Al-Ikhlas Leba-leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene.? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok A di Taman Kanak- Kanak Al-Ikhlas Leba-leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene?. Pendekatan dan Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kualitatif, yang menjadi subjek adalah 16 orang anak didik pada kelompok A dan 1orang (satu) guru Taman Kanak - kanak Al-Ikhlas Leba – Leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak melalui cerita bergambar. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang dideskripsikan secara kualitatif Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa melalui penerapan metode cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Leba – Leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene. Hal ini terlihat kemampuan bahasa eskpresif anak meningkat dari siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada kategori baik dari siklus 1 ke siklus II.Terlihat kurang menjadi cukup bahkan menjadi baik sangat baik yang didominasi dalam menerapkan metode cerita bergambar. Jadi Kesimpulan dari hasil penelian ini adalah melalui Penerapan metode cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Leba – Leba Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 05:22 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 05:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25824 |
Actions (login required)
View Item |