MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-ABRAR MAKASSAR

DIAN ARYANI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-ABRAR MAKASSAR.

[img] Text
sampul.doc

Download (91kB)
[img] Text
skripsi dhian.doc

Download (8MB)
[img] Text
rkh 1.doc

Download (41kB)
[img] Text
rkh 2.doc

Download (38kB)
[img] Text
rkh 3.doc

Download (38kB)
[img] Text
rkh 4.doc

Download (38kB)

Abstract

DIAN ARYANI. 2012. peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh : (I) Dra.H. Sumartini, M.Pd, dan (II) Drs. M. Ali Latief Amri, M.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu karena rendahnya kemampuan motorik halus anak. Hal ini disebabkan karena adanya faktor dari guru dan dari anak. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah kemampuan motorik halus dan kegiatan finger painting. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan kegiatan finger painting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar. Hal ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas belajar anak dengan kategori cukup pada siklus I kategori sangat baik pada siklus II, sedangkan aktivitas mengajar guru dikategorikan baik pada siklus I dan kategori sangat baik pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:34
Last Modified: 22 Nov 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25649

Actions (login required)

View Item View Item