Nurwindah, Nurwindah and Torro, Supriadi (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG MENYENANGKAN DI SMA NEGERI 3 TAKALAR. Jurnal Sosialisasi, 7 (2). pp. 39-46. ISSN 2722-3086
Text (Jurnal Ilmiah)
JURNAL PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG MENYENANGKAN DI SMA NEGERI 3 TAKALAR.pdf Download (180kB) |
|
Text (Peer Reviewer)
PEERVIEWER PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG MENYENANGKAN DI SMA NEGERI 3 TAKALAR.pdf Download (1MB) |
|
Text (Hasil Turnitin)
TURNITIN PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG MENYENANGKAN DI SMA NEGERI 3 TAKALAR.pdf Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran kepala sekolah dan guru dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar dan 2) Kendala yang dihadapi dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 11 orang yang ditentukan dengan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan trigulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah dan guru dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar adalah; 1) Peran kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar yaitu dengan menjadi pengelola aktivitas PBM di sekolah (manajer), mengelola kurikulum yang diterapkan (administrator), mengamati dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kunjungan kelas (supervisor), memimpin semua aktivitas di sekolah (leader), pembaharu dalam proses pembelajaran di sekolah (innovator), dan mendorong tenaga pendidikan di sekolah untuk bekerja sesuai dengan fungsinya (motivator). Adapun peran guru yaitu sebagai pengajar di dalam kelas, menjadi sosok panutan dalam sikap dan kepribadian (pendidik) dan sebagai pengasah keterampilan dari hasil proses pembelajaran (melatih). 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar yaitu komunikasi yang kurang terjalin baik dengan guru dan fungsi pengawasan yang berjalan kurang maksimal. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru yaitu masih minimnya fasilitas yang dapat menunjang proses belajar mengajar di kelas serta masih kurangnya kompetensi guru dalam melaksanakan PBM. Kata kunci: Sekolah menyenangkan, kepala sekolah, Guru
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Nuhasni Muis |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:41 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24379 |
Actions (login required)
View Item |