PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ULTIKULTURAL PADA KURIKULUM NASIONAL DI SMP NEGERI 10 MAKASSAR

AWALIA YULINDA NINGRUM (2022) PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ULTIKULTURAL PADA KURIKULUM NASIONAL DI SMP NEGERI 10 MAKASSAR.

[img] Text
artikel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Awalia Yulinda Ningrum. 2021. Pengembangan Media Video Dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam Implementasi Pembelajaran Multikultural pada Kurikulum Nasional di SMP Negeri 10 Makassar. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dosen Pembimbing Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kebutuhan media video dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam implementasi pembelajaran multikultural pada kurikulum nasional di SMP Negeri 10 Makassar, 2) Mengetahui desain produk media video dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam implementasi pembelajaran multikultural pada kurikulum nasional di SMP Negeri 10 Makassar, 3) Menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan video dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam implementasi pembelajaran multikultural pada kurikulum nasional di SMP Negeri 10 Makassar. Pembelajara multikultural diintegrasikan pada seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kurikulum nasional salah satunya pada Mata Pelajaran IPS, dalam penyampaian proses pembelajaran IPS media merupakan komponen pendukung penyampaian isi materi. Pengembangan ini dikembangkang dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Makassar yang berjumlah sembilan orang siswa untuk uji kelompok kecil dan dua puluh lima orang siswa untuk uji kelompok besar, serta satu guru Mata Pelajaran IPS untuk tanggapan guru mata pelajaran. Sedangkan objek penelitian yang diteliti adalah pengembangan media video dokumenter. Kelebihan media video dokumenter yaitu dapat memecahkan salah satu masalah dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif, mandiri dan semangat dalam belajar karena media video dokumenter yang dikembangkan bersifat fleksibel bisa digunakan dimana saja dan kapan pun. Media video dokumenter dikembangkan memuat komponen berupa video, suara, teks, dan animasi dengan format audio-visual dengan menggunkan bahasa yang mudah dipahami siswa dan dieksport ke dalam bentuk MP4. Hasil yang dicapai dalam pengembangan media video dokumenter menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran bahwa media video dokumenter yang dihasilkan valid. Hasil uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, serta tanggapan guru mata pelajaran menunjukkan bahwa media video dokumenter yang dihasilkan praktis. Kata Kunci :Video Dokumenter, Pembelajaran Multikultural, IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:37
Last Modified: 22 Jul 2022 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24072

Actions (login required)

View Item View Item