Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang

Aulia Rahma Ilyas (2022) Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang.

[img] Text
Skripsi_Aulia Rahma Ilyas_1743041003 (Perencanaan Kurikulum Pesantren).pdf

Download (7MB)
[img] Text
Perencanaan Kurikulum Pesantren di Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan kurikulum kepesantrenan di Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses perencanaan kurikulum kepesantrenan di Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Modern Darul Falah Enrekang menerapkan sistem pendidikan yang bersifat integratif memadukan ilmu agama islam dan ilmu umum bersifat komprehensif dengan memadukan intra, ekstra, dan kokurikuler yaitu dengan intergrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum pesantren itu sendiri. Proses perencanaan kurikulum Pesantren dirumuskan dengan melibatkan pengelola lembaga dan pihak sekolah, yang dilakukan setiap semester. Adapun poin-poin yang dirumuskan meliputi: perumusan tujuan, perumusan isi, perancangan strategi pembelajaran, dan perancangan strategi penilaian. Pada poin perumusan tujuan, Pondok Pesantren menjadikan kebutuhan santri dan lembaga sebagai acuan, atas dasar tersebut dituangkan dalam visi pondok pesantren. Adapun isi kurikulum pesantren dirumuskan berdasarkan visi-misi pondok dan kurikulum madrasah. Isi tersebut meliputi muatan kekhasan (tahfidz, pengajian kitab dan dakwah) dan muatan keagamaan (mata pelajaran kurikulum madrasah). Pada strategi pembelajaran muatan keagamaan cenderung pada metode ceramah diimbangi dengan keterampilan dan strategi muatan kekhasan pesantren seperti murojaah, sima’an Al-Qur’an, halaqah, dan kultum, safari jumat atau ramadhan . Kemudian poin rancangan strategi penilaian atau evaluasi, terbagi atas dua yaitu evaluasi kurikulum dan evaluasi santri. Untuk evaluasi kurikulum dinilai dari aspek visi-misi dan santri. Sedangkan, evaluasi santri terdiri dari tiga aspek yaitu akademik, ibadah, dan kepribadian. Kata Kunci: Perencanaan, Kurikulum, Pesantren

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:11
Last Modified: 04 Jul 2022 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23663

Actions (login required)

View Item View Item