Sahabuddin, Erma Suryani and Syawaluddin, Ahmad and Nurzakinah, Salsabilla (2022) Pengembangan Media PAKEM The Box Of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya BugisMakassar (Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi, Dan Sipatokkong) Sebagai Pemberdayaan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12 (2). pp. 172-181. ISSN 2088-2092
Text (Artikel)
Pengembangan Media PAKEM The Box of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya.pdf Download (2MB) |
|
Text (Peer reviewer)
peer reviewer Pengembangan Media PAKEM The Box of Pinisi dalam 4 Pilar Budaya Bugis.pdf Download (1MB) |
|
Text (Turnitin)
Pengembangan Media PAKEM The Box of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text (peer reviewer (Ahmad Syawaluddin)
peer reviewer Pengembangan Media PAKEM The box of pinisi.pdf Download (959kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media PAKEM the Box of Pinisi sebagai reaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media PAKEM the Box of Pinisi sebagai reaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and delevopment (R & D) dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon/tanggapan guru dan siswa serta teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama menghasilkan produk berupa Media PAKEM the Box of Pinisi dengan konten berbasis nilai-nilai kebudayaan lokal Bugis-Makassar dari implementasi sipakatau, sipakainge’, sipakalebbi, dan sipatokkong. Selain media, penelitian ini menghasilkan Bo’bo A Jo’jo artinya buku petunjuk penggunaan media. Kedua, kelayakan media sesuai kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu pada validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat valid. Validasi ahli media memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tanggapan/respon guru memperoleh kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil tanggapan/respon siswa setelah dilakukan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar memperoleh masing-masing nilai dengan kriteria sangat valid. Dengan adanya penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media PAKEM the Box of Pinisi yang lebih menarik lagi minat siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media PAKEM the box of pinisi, reaktualisasi pembelajaran, siswa SD |
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 03 Jul 2022 12:14 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 01:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23603 |
Actions (login required)
View Item |