MANAJEMEN LAYANAN KETATAUSAHAAN DI SMA NEGERI 17 MAKASSAR

WILDANA RAHMA SAID (2022) MANAJEMEN LAYANAN KETATAUSAHAAN DI SMA NEGERI 17 MAKASSAR.

[img] Text
MANAJEMEN LAYANAN KETATAUSAHAAN DI SMA NEGERI 17 MAKASSAR.docx

Download (7MB)

Abstract

Wildana Rahma Said, 2019. Manajemen Layanan Ketatausahaan di SMA Negeri 17 Makassar. Penyusunan Skripsi dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M. Si dan Syamsurijal Basri,S.Pd, M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen layanan ketatausahaan di SMA Negeri 17 Makassar. Fokus penelitian ini bagaimana perencanaan ketatausahaan, pelaksanaan ketatausahaan dan evaluasi ketatausahaan yang dilakukan di SMA Negeri 17 Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan ketatausahaan, pelayanan ketatausahaan dan evaluasi ketatausahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Kepala tata usaha, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaa tata usaha dilakukan secara sistematis dengan diadakan rapat kerja yang dilakukan sekali dalam setahun, dengan melibatkan para Guru dan Staf. Perencaan tata usaha juga dilakukan oleh Kepala tata usaha sebagai koordinator, dengan pembagian tugas sesuai dengan sturuktur organisasi tata usaha yang ada. Pelaksanaan tata usaha, yang menjadi fokus layanan ialah Guru dan Siswa, pelayanan tata usaha dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang ingin dilayani, pelayanan tata usaha dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya tata usaha yang ada dan melihat kebutuhan serta pengembangannya. Disamping itu, sekolah merealisasikan dengan 6 orang tenaga pegawai yang cukup profesional, yang menagani setiap bagian masing-masing. Dalam pemberian pelayanan pegawai tata usaha berupaya memyelesaian pekerjaan secepat mungkin, ramah dan mampu menjalin komunikasi dengan baik dengan siswa ataupun masyarakat sekolah yang lainya. Evaluasi tata usaha dilakukan pemantauan atau pengawasan, secara adminstrasi kepala tata usaha melakukan evaluasi dengan melakukan penilaian secara perminggu lalu menjadi laporan tahunaan. Dari hasil evaluasi dilakukan pembinaan dan memotivasi oleh Kepala sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:11
Last Modified: 21 Jun 2022 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item