endidikan Era 21 Dan Adopsi Model Pembelajaran (Kajian Pada Pembelajaran Pendidikan Teknik Elektronika)

Sidik, Darlan (2019) endidikan Era 21 Dan Adopsi Model Pembelajaran (Kajian Pada Pembelajaran Pendidikan Teknik Elektronika). Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 6 (2). pp. 71-80. ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal Nasional - Pendidikan Era 21 dan Adopsi Model Pembelajaran (Kajian pada Pembelajaran Pendidikan Teknik Elektronika).pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Jurnal Nasional - Pendidikan Era 21 dan Adopsi Model Pembelajaran (Kajian pada Pembelajaran Pendidikan Teknik Elektronika).pdf - Supplemental Material

Download (705kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/13835

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan era 21 membutuhkan berbagai kompetensi dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik agar menjadi individu yang sukses dalam persaingan pengetahuan dan keterampilan. Keterampilan yang diperlukan era 21 dikenal dan relevan dengan empat pilar kehidupan mencakup learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Prinsip ini mengandung keterampilan khusus yang perlu diintegrasikan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah; keterampilan berpikir, literasi informasi, pemecahan masalah, kolaboratif menggunakan model pembelajaran problem, proyek dan invensi dalam praktek pembelajaran era industrialisasi sebagai katalisasi model pembelajaran era pengatahuan. Adopsi pembelajaran teknik elektronika yang dikaji dengan mengintegrasikan model pembelajaran yang berfokus pada peserta didik sebagai prinsip pokok, adopsi model pembelajaran yang sesuai dengan komponen pembelajaran era 21 adalah (1) pembelajaran Project Based Learning, (2) Problem Based Learning, (3) Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Adopsi model pembelajaran diintegrasikan dengan internet sebagai sumber belajar sangat penting untuk mewujudkan masa depan peserta didik yang lebih baik dan mampu berkompetisi pada dunia usaha dan dunia industry di era mendatang.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:07
Last Modified: 01 Jun 2022 00:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item