Asti, A. Sri Wahyuni and Syamsuardi, Syamsuardi (2021) Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 3 (1). pp. 42-54. ISSN 2655-6561
Text (Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 4)
Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 4 - Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca...pdf - Published Version Download (650kB) |
|
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 4)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 4 - Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca...pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Sel
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 10:29 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 10:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21891 |
Actions (login required)
View Item |