HUBUNGAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERANCANGAN MESIN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNM

Zulkifli, Zulkifli (2021) HUBUNGAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERANCANGAN MESIN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ZULKIFLI.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a). hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis powerpoint dengan hasil belajar mahasiswa. (b). Gambaran hasil belajar perancangan Mesin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan jumlah responden sebanyak 94 mahasiswa yang telah melulusi mata kuliah perancangan mesin. Penelitian ini dilaksananakan dijurusan pendidikan teknik mesin fakultas teknik universitas negeri Makassar. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi dan angket. Data penelitian diperoleh dengan instrumen angket dan dokumentasi. Menggunakan analisis data yang digunakan nilai rata-rata, menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya ada hubungan positif dan signifikan dari hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis powerpoint dengan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis Powerpoint dengan hasil belajar mata kuliah Perancangan Mesin pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dimana r hitung 0.250 > r tabel 0.202. Hasil tersebut jika disesuaiakan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi maka berada pada interprtasi rendah, dengan besar nilai r berada pada rentang 0,20 – 0,40. Hubungan Pemanfaatan multimedia berbasis powerpoint terhadap hasil belajar mata kuliah Perancangan Mesin sebesar 6.25%, Sedangkan sisanya yaitu 93.75% tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci : Multimedia, Powerpoint, Hasil Belajar, Perancangan Mesin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:37
Last Modified: 25 Oct 2021 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item