UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKAL MELALUI PELATIHAN ALAT MUSIK KEYBOARD PADA JEMAAT IMANUEL PADANG SAPPA KABUPATEN LUWU

Jesika, Jesika (2021) UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUSIKAL MELALUI PELATIHAN ALAT MUSIK KEYBOARD PADA JEMAAT IMANUEL PADANG SAPPA KABUPATEN LUWU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Skripsi Jesika (1782040009).pdf

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan bakat dan minat dalam meningkatkan kemampuan musikal melalui pelatihan alat musik keyboard pada Jemaat Imanuel Padang Sappa dan mendeskripsikan hasil dari pengembangan bakat dan minat dalam meningkatkan kemampuan musikal melalui pelatihan alat musik keyboard pada Jemaat Imanuel Padang Sappa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket terbuka terhadap subjek penelitian dalam pengembangan bakat dan minat melalui pelatihan keyboard. Pelaksanaan Pengembangan Bakat Jemaat Imanuel Padang Sappa dalam Memainkan Keyboard ada tiga langkah yang dilakukan yaitu persiapan yang berarti mempersiapkan hal-hal yang penting dalam pelaksanaan pelatihan keyboard, yang kedua yaitu pemberian materi yang menggunakan model orientasi visual dari Djohan, dalam model orientasi visual ini terdiri dari tiga tahapan yaitu membaca notasi, penyajian musik yang dilatih dan main melalui pendengaran. Dalam membaca notasi peneliti memberikan partitur kidung jemaat 26 dalam hal ini peneliti mengajarkan kemudian meminta peserta pelatihan membacanya, setelah mengetahui membaca notasi angka partitur lagu kidung jemaat selanjutnya menyajikan/mempraktekkan pada keyboard (memainkan keyboard) dengan lagu yang diberikan, dan yang terakhir adalah evaluasi yang berarti melihat pencapaian atau keberhasilan peserta pelatihan. Hasil/capaian peserta pelatihan dalam pengembangan bakat memainkan keyboard dibuktikan dengan hasil pretest sebelum pelatihan keyboard dan post test pada tahap evaluasi, dari hasil tersebut membuktikan bahwa hasil pretest menunjukkan rata�rata peserta pelatihan belum bisa dalam pengenalan fitur-fitur, membaca notasi, dan memainkan keyboard tetapi setelah diberikan pengajaran pelatihan keyboard (Post test) pada tahap evaluasi yang berupa tes keterampilan rata-rata peserta pelatihan/anggota jemaat bisa dalam pengenalan fitur-fitur, membaca notasi (menekan tuts akord dan melodi), dan memainkan keyboard dengan lagu yang diberikan dan dengan presentase peningkatan dari pretest sampai posttest sebesar 50,73%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:15
Last Modified: 13 Sep 2021 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item View Item