Dalle, Ambo (2016) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA SE-KOTA MAKASSAR BERBASIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW. In: Seminar Nasional "MEGA TREND INOVASI DAN KREASI HASIL PENELITIAN DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN BERKELAN]UTAN", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.
Text
Model Pembelajaran Keterampilan Menulis.pdf Download (5MB) |
|
Text
Peer Review Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (I) mendeskripsikan model pembelajaran keterampillan menulis bahasa Jerman di SMA, (2) mendeskripsikan rancangan dan desain model pembelajaran menulis bahasa Jerman dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) mendeskripsikan langkah-langkah menulis bahasa Jerman dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini tergolong jenis penelitian Research and Development (R and D). Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, quesioner, dokumentasi, dan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu (I) data kuantitatif dan (2) data kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa, guru, dan responden. HasiI penelitian ini menggambarkan aspek klayakan isi, bahasa, dan materi ajar yang tervalidasi oleh tim ahli.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pengembangan, Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Keterampilan Menulis |
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 13:19 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 13:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20822 |
Actions (login required)
View Item |