PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI SULAWESI SELATAN PADA SISWA KELAS VIII.1 SMPN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Sri Utami, Feni (2021) PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI SULAWESI SELATAN PADA SISWA KELAS VIII.1 SMPN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL ( (FENI SRI UTAMI).pdf

Download (701kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar tari Sulawesi Selatan melalui penerapan media audio visual pada siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Marioriwawo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 di SMPN 1 Marioriwawo dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 13 laki-laki. Namun di masa pandemi ini pihak sekolah membatasi jumlah siswa menjadi setengah dari jumlah yang ada yaitu 15 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi yang telah diajarkan terlebih dahulu berupa tes praktek. Teknik analisis data yaitu dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemempuan gerak dasar tari Sulawesi mencapai KKM ≥ 70. Presentase ketuntasan peserta didik pada materi kemempuan gerak dasar tari Sulawesi mencapai 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Pembelajaran Audio Visual dalam pembelajaran Gerak Dasar Tari Sulawesi Selatan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan perolehan persentase prestasi belajar peserta didik sebelum diberikan tindakan sebesar 53% dengan kriteria kurang, pada siklus I diperoleh prosentase 66% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan gerak dasar tari Sulawesi Selatan mata pelajaran Seni Budaya dengan menggunakan media audio visual ditandai dengan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, diantaranya peserta didik lebih fokus dalam memperhatikan video yang ditayangkan, memperhatikan penjelasan guru, serta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:32
Last Modified: 26 Aug 2021 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item