UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET, LOMPAT KARDUS DAN MERAIH SASARAN DI ATAS UNTUK SISWA KELAS VIII B SMP NEGEERI 1 TANA LILI LUWU UTARA

Mambo, Jatri (2021) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET, LOMPAT KARDUS DAN MERAIH SASARAN DI ATAS UNTUK SISWA KELAS VIII B SMP NEGEERI 1 TANA LILI LUWU UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (279kB)

Abstract

EFFORTS TO IMPROVE LEARNING THE LONG JUMP THROUGH THE GAME OF JUMP CARDBOARD AND REACH THE TARGET AT THE TOP FOR STUDENTS OF CLASS VIII B TANA LILI JUNIOR HIGH SCHOOL ABSTRAK Jatri Mambo, 2020. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Karet, Lompat Kardus, dan Meraih Sasaran diatas Untuk Siswa Kelas VIII B SMPN 1Tana Lili. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh A. Masjaya dan Masjumi Nur) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIIIB SMPN 1 Tana Lili yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa kelas VIIB SMPN 1 Tana Lili. (2) denagan melalui permainan lompat kardus, lompat karet dan meraih sasaran diatas dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh siswa kelas VIIB SMPN 1 Tana Lili. Data diambil sebelum melaksanakan pembelajaran, saat melakukan pembelajaran, dan sesudah pembelajaran oleh peneliti dengan memberikan lembar pertayaan mengenai pemahaman siswa terhadap lompat jauh dan tabel observasi unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet, lompat kardus, dan meraih sasaran di atas dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pembelajaran lompat jauh ini dilihat dari unjuk kerja siswa, 29 siswa (90,62%) tuntas, sedangkan 3 siswa (9,37%) belum tuntas. Sedangkan untuk pemahaman siswa tentang lompat jauh juga meningkat kategori sangat baik 11 siswa (34,37%) dan sangat cukup ada 21 siswa (65,62%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet, lompat kardus dan meraih sasaran diatas untuk siswa kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tana Lili.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:27
Last Modified: 28 Jun 2021 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20566

Actions (login required)

View Item View Item