Pengembangan Sistem Informasi Bank Judul Skripsi Terintegrasi Sistem Pengajuan Judul Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Andakke, Islamuddin (2021) Pengembangan Sistem Informasi Bank Judul Skripsi Terintegrasi Sistem Pengajuan Judul Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Skripsi Lengkap_Islamuddin Andakke_PTIK_E_2016_1629042060.pdf

Download (390kB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi bank judul skripsi pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan untuk mengetahui kualitas sistem informasi bank judul skripsi pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dilihat dari standar ISO 9126 dengan 4 karakteristik yaitu functionality, reliability, portability dan usability. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseacrh and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan menggunakan observasi, kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pengembangan sistem informasi bank judul skripsi pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dapat lebih memudahkan pengguna dalam melakukan dan menyampaikan informasi judul skripsi; (2) hasil pengujian dengan menggunakan standar ISO 9126 dengan 4 karakteristik, yaitu functionality (100%), reliability (100%) tidak ditemukan error dan dengan menggunakan white box testing tidak ditemukan kesalahan logika, portability dapat digunakan dalam berbagai platform yaitu pada windows 7 dengan menggunakan browser google chrom, windows 10 dengan menggunakan browser Microsoft Edge 16, pada Android Samsung S20 dengan menggunakan UC Browser, Iphone 7 dengan menggunakan browser Google Chrome, serta pada Mac Catalina dengan menggunakan Mozilla Firefox 59, sedangkan untuk pengujian usability diperoleh hasil untuk rata-rata tanggapan responden adalah 125,45 dengan kategori sangat baik. Hal ini dilihat dari hasil analisis data angket yang diperoleh dari 20 responden, dengan hasil sebanyak 17 responden atau 85% berada pada kategori sangat baik, dan 3 responden atau 10% berada pada kategori baik sehingga sistem informasi bank judul skripsi dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata Kunci: Sistem, ADDIE, dan ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:42
Last Modified: 14 Jun 2021 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item View Item