IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) DI DESA LEBBA’E KECAMATAN AJANGALE KABUPATEN BONE

Desi, Andi (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) DI DESA LEBBA’E KECAMATAN AJANGALE KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) di Desa Lebba’e Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) di Desa Lebba’e Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone belum di implementasikan secara maksimal. Di lihat dari 1) isi kebijakan a) kepentingan-kepentingan yang mempengaruhi belum memberikan pengaruh yang signifikan dan baik; b) tipe manfaat belum terealisasi secara menyeluruh; c) derajat perubahan yang ingin dicapai belum sepenuhnya terpenuhi dan tidak merata baik dari segi pembangunan dan hal lain; d) letak pengambilan keputusan yang diambil oleh pimpinan desa sudah baik tapi para pelaksana implementasi tidak menjalankan dengan baik; e) pelaksana program tidak mengimplementasikan kebijkan yang dari atasan dengan optimal; f) sumber-sumber daya yang digunakan masih kurang dan perlu dibenahi 2) Lingkungan kebijakan a) kekuasaan, kepentingankepentingan, dan strategi dari aktor yang terlibat menjalankan kebijakan dengan menjalin komunikasi yang baik; b) karakteristik lembaga dan rezim yang berkuasa dengan menggunakan sistem kekeluargaan yang memiliki nilai positif dan negatif; c) tingkat kepatuhan dan adanya respon dari pelaksana belum berjalan secara maksimal dan masih kurang patuh terhadap keputusan yang dibuat. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pengelolaan Anggaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU ADMINISTRASI PUBLIK - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:39
Last Modified: 29 Apr 2021 04:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item View Item