STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 MAJENE

ALI, ASRIADI (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 MAJENE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal (Asriadi Ali).pdf

Download (185kB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui gambaran strategi guru dalam memotivasi siswa belajar di SMP Negeri 2 Majene; (2) Untuk mengetahui factor-faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi siswa belajar di SMP Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa; (1) guru-guru SMP Negeri 2 Majene memotivasi siswa belajar dengan menggunkan berbagai macam strategi, yaitu menggunakan metode yang beragam dalam proses belajar, menjadikan siswa peserta yang aktif, memberikan tugas-tugas yang menantang, menciptkan suasana kelas yang kondusif, menghindari kompetisi antar pribadi yang sifatnya negatif, menghargai kesuksesan dan keteladanan, memberikan penghargaan sebagai sebuah bentuk motivasi, mengenali minat siswa, menggunakan tes dan nilai, dan memberikan hukuman. (2)Terdapatnya faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Majene, yaitu faktor pendukung; (a) adanya motivasi dan keinginan siswa untuk belajar dan berhasil; (b) kemampuan guru-guru yang andal; (c) sarana dan prasarana sekolah yang memadai; (d) suasana sekolah dan kelas yang menyenangkan; dan (e) dukungan yang positif dari keluarga siswa dan warga sekolah, sedangkan faktor penghambat; (a) kepribadian siswa yang tidak taat aturan; (b) kecerdasan siswa yang rendah; (c) lingkungan siswa yang tidak mendukung; dan (d) pergaulan siswa yang tidak sehat Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:41
Last Modified: 21 Apr 2021 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item