PELAKSANAAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN KRIYA LOGAM KELAS IX A

Hanan, Sulaiman (2020) PELAKSANAAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN KRIYA LOGAM KELAS IX A. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN SKRIPSI SULAIMAN HANAN-1681042001.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan Cooperative Learning yaitu : 1) pelaksanaan perencanaan ditinjau dari penelitian Survei, 2) proses pelaksanaan, 3) model yang digunakan, 4) sistem evaluasi dalam pelaksanaan Cooperative Learning siswa kelas IX Al-Jabar dalam kriya logam. Model jenis Cooperative Learning pembelajaran kriya logam menggunakan model Group Investigation, merupakan proses pembelajaran kerja kelompok dan saling membantu. Berdasarkan hasil penelitian pada pelaksanaan Cooperative Learning kriya logam di kelas IX Al�Jabar SMP Negeri 1 Pangkajene menggunakan sistem demonstrasi, guru mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran karena tidak menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menekankan pada komponen pembelajaran, siswa mendapatkan skor mentah dari evaluasi ide/gagasan, estetika dan penguasaan teknik yang kemudian dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75 dengan nilai rata-rata kelompok belajar 90-95, serta dapat menghasilkan karya seni kriya logam yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:24
Last Modified: 13 Apr 2021 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item