Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa

St. Maryam M, St. Maryam M and Zainal, Zaid and Zainal, Zainal (2021) Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ARMILA 1647141016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan proses belajar matematika tentang pecahan siswa kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa dan untuk mengetahui apakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan siswa kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa, sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Tiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan belum tercapai dengan kategori cukup. Pada siklus II hasil pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode problem solving pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Kata kunci: problem solving, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:54
Last Modified: 23 Mar 2021 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item