Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang

Nurhalizah, Sitti (2021) Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Sitti Nurhalizah.pdf

Download (427kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada materi sumber energi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada materi sumber energi siswa kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:05
Last Modified: 23 Mar 2021 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19632

Actions (login required)

View Item View Item