PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATE TAKALAR

Suaib, Nining Silvyani (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATE TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-NINING SILVYANI SUAIB.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media audio visual pada kelas IV SD 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, (2) Gambaran kemampuan menulis puisi pada siswa IV SD 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, (3) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual, variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol, masing-masing jumlah siswa terdiri dari 16 dan 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media audio visual diperoleh kategori efektif. Hal ini terlihat tahapan proses pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan melalui kegiatan siswa maupun guru yang membuat proses pembelajaran berlangsung secara efektif. (2) Gambaran kemampuan menulis puisi siswa, perolehan hasil pretest kelas eksperimen masuk dalam kategori kurang dan kelas kontrol masuk dalam kategori sangat kurang, sedangkan hasil posttest kelompok eksperimen masuk dalam kategori sangat memuaskan dan posttest kelas kontrol masuk dalam ketegori kurang. (3) Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelas yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD 72 Bontoloe Kecamatan Galseong Kabupaten Takalar Kata Kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Menulis Puisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:58
Last Modified: 23 Mar 2021 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item