PENGARUH KONTRIBUSI PENDAPATAN PENYADAP GETAH PINUS TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA BOLLI KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE

Muliawan TS, Andi Pratiwi (2021) PENGARUH KONTRIBUSI PENDAPATAN PENYADAP GETAH PINUS TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA BOLLI KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ANDI PRATIWI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kontribusi pendapatan penyadap getah pinus di Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, 2)Gambaran kesejahteraan ekonomi di Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, 3) Pengaruh kontribusi pendapatan penyadap getah pinus terhadap kesejahteraan ekonomi di Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaintu kontribusi pendapatan penyadap getah pinus (Variabel X) dan kesejahteraan ekonomi (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh penyadap getah pinus di Desa Bolli sebanyak 40 orang. Mengingat jumlah populasi yang relatif sedikit yaitu dibawah 100 sehingga tidak perlu menentukan sampel dari populasi tersebut dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau penentuan jumlah sampel diambil secara keseluruhan sebanyak 100% atau 40 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kontribusi pendapatan berada dalam kategori “baik”, berdasarkan indikator upah pokok, tunjangan tetap dan tidak tetap. Gambaran kesejahteraan berada dalam kategori “baik”, berdasarkan indikator materi, fisik, mental dan spiritual. Pengaruh kontribusi pendapatan berada dalam kategori “sedang”. Kata Kunci : kontribusi, pendapatan, getah pinus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:19
Last Modified: 18 Mar 2021 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item View Item