HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS V KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO

Alfian, Alfian (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS V KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Skripsi Alfian Pdf.pdf

Download (223kB)

Abstract

Alfian Program Studi Pendidian Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar e-mail: fiank6643@gmail.com Abstrak. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV Gugus V Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan tingkat pendidikan orang tuasedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV Gugus V Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan tingkat pendidikan orang tua sebesar PT 19 orang ayah ,ibu 16 orang ,SMA ayah 13 orang, ibu 14 orang dan SMP ayah 2 orang ibu 4 orang sedangkan rata nilai prestasi belajar IPS siswa adalah 80,88 pada kategori cukup Hasil korelasi diperoleh bahwa 0,307.Tidak terdaftar yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV gugus V Kecamatan Pammana kabupaten Wajo. Kata kunci : Tingkat pendidikan orang tua, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:22
Last Modified: 10 Mar 2021 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

View Item View Item