KOMPETENSI GURU PPKN DALAM PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT PADA SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 BAROMBONG KABUPATEN GOWA

Yuliarti, A. Sri (2021) KOMPETENSI GURU PPKN DALAM PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT PADA SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 2 BAROMBONG KABUPATEN GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2. ARTIKEL.pdf

Download (253kB)

Abstract

1 2 3 H. Mustari H. Sangkala Ibsik Jurusan Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Makassar Email:andisriyuliarti05@gmail.com Email: mistari311265@gmail.com Email: sangkala@unm.ac.id Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (i) kompetensi guru PPKn dalam merancang model pembelajaran Team Games Tournament Pada satuan pendidikan SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. (ii) kompetensi guru PPKn dalam menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament Pada satuan pendidikan SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari guru PPKn, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan model pembelajaran Team Game Tournament pada satuan pendidikan SMP Negeri 2 Barombong sudah memenuhi 3 kriteria kompotensi guru yaitu (1) Knowledge Criteria, (2) Performance Criteria, dan (3) Produk Criteria. (ii) Kompetensi guru PPKn dalam menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament pada satuan pendidikan SMP Negeri 2 Barombong Kab. Gowa, sudah terlaksana namun masih kurang optimal, hal ini disebabkan karena adanya kelas dengan jumlah peserta didik yang terlalu banyak. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Model, Team Game Tournament.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:39
Last Modified: 08 Mar 2021 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item