PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 7/83 BUNE KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE

ASTUTIRIA, ASTUTIRIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 7/83 BUNE KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4. ARTIKEL.docx

Download (89kB)

Abstract

“Dibimbing oleh Prof.Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd. dan Dr. Muhammad Faisal, M.Pd” Universitas Negeri Makassar ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu true eksperimental dengan tipe pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 7/83 Bune Kecamatan Libureng Kabupaten Bone sebanyak 46 siswa dengan teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture terlaksana dengan baik dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA berada pada kategori rendah sebelum diberikan perlakuan dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelejaran picture and picture yang berada pada kategori tinggi, berdasarkan hasil analisis data antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah dilakukannya uji independent sample t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci :model pembelajaran picture and picture, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:34
Last Modified: 08 Mar 2021 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item