PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO.09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO

Qulub, Mutmainnatul (2021) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO.09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL (MUTMAINNATUL QLUUB - 1647042020).pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No.09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah gambaran penerapan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS?, (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode outdoor study? dan (3) Apakah terdapat pengaruh pada penerapan metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui; (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS. (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode outdoor study. (3) Untuk mengetahui pengaruh pada penerapan metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre ekperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttes design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan data pre nontest dan post nontest berdistribusi normal dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel dependent (paired sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS berlangsung sangat efektif. Terbukti dari hasil pengamatan yang telah dilakukan di setiap pertemuan mengalami peningkatan dari ketegori efektif menjadi sangat efektif. (2) Minat belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (treatment), yang dapat dilihat dari hasil pre nontest dan post nontest yang mengalami peningkatan dari redahnya minat belajar siswa menjadi tinggi setelah pemberian perlakuan berupa penerapan outdoor study. (3) Terdapat pengaruh signifikan metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No.09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:10
Last Modified: 01 Mar 2021 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item