ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG BERDASARKAN TIPE BELAJAR SISWA KELAS II SDN 119 LALEMPAREE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Safitri, Ayu (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG BERDASARKAN TIPE BELAJAR SISWA KELAS II SDN 119 LALEMPAREE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Ayu Safitri Pdf.pdf

Download (636kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung berdasarkan tipe belajar siswa SDN 119 Lalemparee Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 119 Lalemparee Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Adapun fokus penelitian adalah kemampuan berhitung berdasarkan tipe belajar siswa kelas II SDN 119 Lalemparee Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu 1) Reduksi data, 2) Tahap penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 119 Lalemparee Kecamatan LilirialuKabupaten Soppeng berbeda berdasarkan tipe belajar yang dimiliki siswa, siswa yang termasuk Tipe belajar auditorial sebanyak empat siswa, siswa yang termasuk Tipe belajar visual sebanyak enam siswa, serta siswa yang termasuk Tipe belajar kinestetik sebanyak tiga siswa. Kemampuan berhitung Tipe belajar auditorial dapat menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan tetapi jawaban belum tepat, sedangkan kemampuan berhitung Tipe belajar visual dapat menyelasaikan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan benar serta kemampuan berhitung Tipe belajar kinestetik ada soal operasi penjumlahan dan pengurangan yang tidak diselesaikan.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa lebih cenderung ke tipe belajar visual dibandingkan dengan siswa yang memilki tipe belajar auditorial dan tipe belajar kinestetik. Kata Kunci: Kemampuan berhitung, tipe belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:48
Last Modified: 24 Feb 2021 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19150

Actions (login required)

View Item View Item