Haruna HL, Haruna HL and S. Mandra, Moh. Ahsan and Kumalasari, Sri (2020) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 4 TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
JURNAL_Sri_kumalasari_1623041002.pdf Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Control Group Pre test & Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Takalar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan Kelas X TKR 2 sebagai kelompok eksperimen (KE) dan Kelas X TKR 1 sebagai kelompok kontrol (KK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran alat ukur mekanik menggunakan metode inkuiri terdapat peningkatan sebesar 23,5%, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri dan menggunakan metode konvensional. pada kelompok eksperimen, siswa mencapai ketuntasan lebih dari 75% yaitu sebanyak 25 siswa dari 30 siswa dengan persentase 83,33%. Sedangkan pada kelompok kontrol, siswa yang telah mencapai ketuntasan sebesar 7 siswa dari 30 siswa dengan persentase 23,33%, sehingga dapat disimpulkan pada kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan secara klasikal karena ketuntasan hasil belajar siswa kurang dari 75%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, metode pembelajaran inkuiri lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Inkuiri, Efektifitas Pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 04:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19115 |
Actions (login required)
View Item |