PENGARUH PENGGUNAN MEDIA PAPAN FLANEL KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAN SISW KELAS I SDN 19 LANDANG KECAMATAN EREMERASA KABUPATEN BANTAENG

Kahar, Dayana (2020) PENGARUH PENGGUNAN MEDIA PAPAN FLANEL KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAN SISW KELAS I SDN 19 LANDANG KECAMATAN EREMERASA KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL PENELITIN DAYANA KAHAR.pdf

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penggunaan media papan flanel kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng ?, bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng ?, apakah terdapat pengaruh penggunaan media papan flanel kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng ?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media papan flanel kata terhadap kemampuan membaca permulaan, untuk Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flanel kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media papan flanel kata sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I yang berjumlah 20 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini 10 siswa dari kelas I sebagai kelompok eksperimen dan 10 lainnya sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes lisan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deksriptif dan statistik inferensial. Kesimpulan penelitian ini yakni diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 karena nilai Sig. < 0,05 maka H0 di tolak, atau terima H1. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar penggunaan media papan flanel kata dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Kata Kunci: Media, Papan flanel kata, Kemampuan membaca permu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:13
Last Modified: 05 Feb 2021 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item