Suriani, Rahma (2020) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES 12/79 LAKUKANG KECAMATAN MARE KEBUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Artikel Skripsi Rahma Suriani Pdf.pdf Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan metode Brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lakukang Kcamatan Mare Kabupaten Bone. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah Siswa 10 siswa yang terdiri dari 4 laki- laki dan 6 perempuan. Fokus penelitian ini adalah Metode Brainstorming dan hasil belajar siswa. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V, terbukti bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi baik (B) pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan Metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Inpres 12/79 Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Kata Kunci : Metode Brianstorming dan hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 07:15 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 07:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18982 |
Actions (login required)
View Item |