Pengaruh Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masamba (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur)

Anggraeni, Virna and Muharram, Muharram and Alimin, Alimin (2018) Pengaruh Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masamba (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur). CHEMICA: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 19 (1). pp. 96-106. ISSN 1411-6502

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Kooperatif.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Kooperatif.pdf - Published Version

Download (812kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/vi...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Masamba (materi pokok struktur atom dan tabel periodik unsur). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.. Sampel yang terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 42 orang dan 43 orang. Kelas eksperimen diajar dengan permainan ular tangga dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dan pengisian angket motivasi kepada siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji nonparametrik dengan menggunakan uji mann-withney menghasilkan Zhitung > Ztabel =4,426 > 1,64 untuk motivasi belajar sedangkan hasil belajar menghasilkan Zhitung > Ztabel = 1,661 > 1,64 sehingga disimpulkan permainan ular tangga dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Masamba.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ular Tangga, TGT, Motivasi, Hasil belajar
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 26 Jan 2021 12:38
Last Modified: 26 Jan 2021 12:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item View Item