Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Salam, Muthmainna and Muharram, Muharram and Auliah, Army (2016) Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Jurnal Chemica, 17 (2). pp. 103-112. ISSN 1411-6502

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).pdf - Published Version

Download (992kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4690

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sains SMA Negeri 1 Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media animasi dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kimia. Populasi penelitian ini adalah kelas X Sains SMA Negeri 1 Pinrang yang berjumlah 288 orang. Sampel penelitian diambil dengan metode random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X Sains 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X Sains 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada hasil belajar siswa menghasilkan pvalue< 0,05 yaitu 0,001,Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media animasi dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pinrang pada materi pokok Ikatan Kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media animasi, TPS, hasil belajar, ikatan kimia
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 20 Jan 2021 14:10
Last Modified: 20 Jan 2021 14:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item