PENGEMBANGAN MODEL STIMULASI AKUISISI LITERASI BACA TULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

MUSDALIFAH, MUSDALIFAH (2020) PENGEMBANGAN MODEL STIMULASI AKUISISI LITERASI BACA TULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan model stimulasi akuisisi literasi anak usia 5-6 tahun dalam meningkatkan kemampuan baca tulis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan Research and Development. Subjek penelitian adalah guru dan 10 orang anak di TK TK Aisyiyah Mattoangin Kabupaten Pangkep. Pengelolaan data dengan Observasi, Wawancara, kuesioner/angket, dokumentasi dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar validasi, dan angket respon guru. Data dianalisis melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif, maka hasil penelitian pengembangan diperoleh dari uji validitas model stimulasi akuisisi literasi baca tulis anak usia 5-6 tahun dengan keseluruhan aspek yaitu 3.30 sedangkan untuk validasi pengembangan model stimulasi akuisisi literasi baca tulis yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan mencapai skor 3.18, uji praktis untuk menilai keberhasilan model dari 5 orang guru memberikan respon positif yaitu dengan skor 96 % yang setuju dengan penggunaan model stimulasi akuisisi literasi anak usia 5-6 tahun dan dikatakan efektif jika nilai O2 ≥ O1 Adapun nilai yang dapat dilihat dari hasil penialian anak sebelum penerapan yaitu 8.2 dan setelah penerapan meningkat menjadi 12.9. Kata Kunci : Model Stimulasi Akuisisi Literasi, Kemampuan Baca Tulis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:59
Last Modified: 16 Dec 2020 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item