PERATURAN DAERAH KABUPATEN SOPPENG NOMOR 66 TAHUN 2006 TENTANG PELESTARIAN BURUNG KELELAWAR (STUDI KASUS PADA KELURAHAN BOTTO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG)

TAKDIR, MUH. (2020) PERATURAN DAERAH KABUPATEN SOPPENG NOMOR 66 TAHUN 2006 TENTANG PELESTARIAN BURUNG KELELAWAR (STUDI KASUS PADA KELURAHAN BOTTO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
0 JURNAL.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng No. 66 Tahun 2006 Tentang Pelestarian Burung Kelelawar khususnya Pasal 7 pencegahan dan penanggulangan kegiatan perburuan kelelawar di Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Peraturan Daerah No. 66 Tahun 2006 Tentang Pelestarian Burung Kelelawar khususnya Pasal 7 pencegahan dan penanggulangan kegiatan perburuan kelelawar di Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Impementasi Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng No. 66 Tahun 2006 khususnya Pasal 7 pencegahan dan penanggulangan kegiatan perburuan kelelawar di Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng telah terlaksana, ini terbukti dengan adanya beberapa bentuk pelaksanaan kegiatan seperti kegiatan patroli, pembuatan taman, melakukan penyuluhan, dan melakukan peremajaan berupa penanaman pohon.(ii) Faktor Pendukung terlaksananya kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan perburuan kelelawar di Kelurahan Botto diantaranya ketersediaan dana APBD untuk pelaksanaan kegiatan pelestarian burung kelelawar, adanya tenaga penyuluh lingkungan hidup kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan, serta adanya dukungan baik dari pemerintah Kabupaten Soppeng maupun Kelurahan Botto. Selain itu terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat terlaksananya kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan perburuan kelelawar diantaranya kurangnya personil dari pihak pemerintah khususnya dinas lingkungan hidup dalam mengawasi habitat kelelawar dari perburuan, adanya perluasan jaringan jalan serta aktifitas lain dari masyarakat berupa perluasan perkebunan dan bertambahnya pemukiman penduduk sehingga kelelawar tersingkir dari habitat aslinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:18
Last Modified: 15 Dec 2020 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item View Item