Bahri, Bahri (2016) Integrasi Nilai Karakter Pada Mata Kuliah Sejarah Lokal. In: SEMINAR NASIONAL “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”, 29 Oktober 2016, Makassar, Indonesia.
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Integrasi Nilai Karakter Pada Mata Kuliah Sejarah Lokal.pdf - Published Version Download (375kB) |
|
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional - Integrasi Nilai Karakter Pada Mata Kuliah Sejarah Lokal.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan Indonesia, mulai dari lembaga pendidikan dasar hingga perguruan tinggi belum nampak hingga saat ini. Peguruan Tinggi sebagai gerbang akhir sebelum peserta didik kembali ke tengah masyarakat mengaplikasikan ilmunya, dianggap belum punya bekal yang cukup untuk menelorkan nilai-nilai yang baik bagi masyarakat. Integrasi pendidikan karakter dalam berbagai mata kuliah, khususnya Mata Kuliah Sejarah Lokal yang memiliki materi yang memiliki korelasi dengan pendidikan karakter karena mengandung local wisdom, local genius atau local knowledge diharapakan menjadi komando dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada mata kuliah lainnya. Khusus di Sejarah Lokal Sulawesi Selatan yang memiliki beragam nilai karakter yang terkandung dalam lontara, lontara bilang, pappaseng dan sumber-sumber sejarah lokal lainnya adalah kekayaan yang tidak ternilai yang dapat menjadi sumber sejarah yang berbasis pendidikan karakter.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 11:58 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18728 |
Actions (login required)
View Item |